Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Mudah Melihat Password WiFi di Komputer Mac

Kadang kala ketika kita telah terkoneksi dengan jaringan tersebut, tetapi juga ingin sharing akses internet kepada perangkat lain.

 

Menyambung ke jaringan Wi- Fi (Sumber : https://support.apple.com/)

Internet sebagai teknologi nirkabel yang sering kita temui dikantor, dirumah, maupun di lingkungan publik sudah menjadi kebutuhan sebagai pelantara menuju internet. Pada saat penggunaan tersebut, point yang paling penting untuk diperhatikan disamping kecepatan internetnya yakni keamanan dari jaringan nirkable tersebut. 

Kadang kala ketika kita telah terkoneksi dengan jaringan tersebut, tetapi juga ingin sharing akses internet kepada perangkat lain. Nah kacaunya ketika kita tidak ingat lagi password akses wifi tersebut, dan apalagi laptop kita telah menampung banyak koneksi  jaringan nirkabel tersebut. 


Tenang, pada tutorial ini kita kan mencoba check password yang telah tersimpan pada mac. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu pilih. 



Mengecek Password WiFi via Terminal 


1. Buka aplikasi Terminal dari Finder > Applications > Utilites > Terminal . Kamu juga bisa memanfaatkan akses cepat lewat fitur Spotlight yaitu kombinasi tombol cmd + spasi.


2. Sudah membuka Terminal? Oke, ini perintah akan kita gunakan. Coba kamu baca dulu ya!


security find-generic-password -ga NAMA_SSID | grep -i password


3. Untuk bagian NAMA_SSID silahkan kamu isi dari nama jaringan WiFi tersebut ya.


4. Tekan enter dan kamu akan diminta untuk memasukkan Username dan Password dari Account di komputer Mac. Silahkan tekan Allow untuk langkah terakhir.


5. Berikut tampilannya 

Tampilan Terminal (Sumber : Dokumen Pribadi)


Nah kembali ke aplikasi Terminal, sekarang kamu dapat menjumpai password yang dicari dalam barisan teks kedua. Mudah kan!




Cara Lebih Mudah, Lewat Keychain Access


Cara diatas terlalu sulit untuk kamu coba? Tenang, ada mode yang lebih mudah yaitu lewat aplikasi Keychain Access. Bagi kamu yang belum tahu, Keychain Acces adalah pusat penyimpanan semua password atau kunci keamanan yang pernah kamu daftarkan di perangkat OS X atau aplikasi yang mendukung. Seperti login email di perambang, dokumen Certificates dari sebuah aplikasi yang berautorisasi keamanan atau lainnya.


1. Buka aplikasi ini lewat Finder > Applications > Utilities > Keychain Access. Kamu juga bisa menggunakan cara cepat lewat Spotlight ya!


2. Ketik nama SSID dari jaringan WiFi yang akan kamu gunakan di kolom pencarian kanan atas. Jangan lupa, pastikan di bagian Category sudah masuk pilihan All Items ya!

Tampilan dengan Keychain (Sumber : Koleksi Pribadi)


3. Nah setelah ketemu, tekan 2x nama SSID tersebut di bagian kolom Name untuk menampilkan jendela baru.


4. Tekan tombol checklist Show Password. Silahkan ketik Username dan Password kamu di jendela baru yang tampil. Setelah itu tampilan kamu akan kembali ke halaman sebelumnya, tentunya dengan kolom password yang terlihat teks di dalamnya.


5. Silahkan salin (copy) password tersebut dan selamat terhubung ke jaringan WiFi atau membagikannya kepada teman yang membutuhkan akses.

Tampilan dengan Keychain (Sumber : Koleksi Pribadi)

Sebagai tambahan informasi, selalu amankan Keychain Access dengan menutup ikon gembok di kiri atas. Pastikan juga kamu mengingat password utama di Keychain Acces tersebut ya! Informasi tambahan seputar Keychain Access dan login password dapat kamu baca di laman Apple Support ya!


Referensi:
http://www.cyberciti.biz/faq/apple-mac-osx-find-wi-fi-network-password/

Miko Martunus merupakan nama seorang anak yang terus berusaha agar lebih baik dan lebih baik lagi. Hobi dan suka dengan teknologi.

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)