penjelasan tentang SENYAWA KIMIA BIOMOLEKUL

Shiina Mashiro - Struktur biomolekul, pengertian Biomolekul, Bentuk Senyawa Biomolekul, Fungsi Biomolekul, Jenis Biomolekul....
* Struktur Biomolekul....


* Pengertian Biomolekul.....

Biomolekul merupakan senyawa - senyawa organik sederhana pembentuk organisme hidup dan bersifat khas sebagain produk aktifitas biologis. Biomolekul dapat di pandang sebagai turunan hidrokarbon, yaitu senyawa karbon dan hidrogen yang mempunyai kerangka dasar yang tersusun dari atom karbon, yang disatukan oleh ikatan kovalen. kerangka dasar hidrokarbon bersifat sangat setabil, karena ikatan tunggal dan ganda karbon - karbon menggunakan pasangan elektron bersama - sama secara merata. Biomolekul bersifat polifungsionil mengandung dua ata lebih jenis gugus fungsi yang berbeda. pada molekul tersebu, tiap gugus fungsi mempunyai sifat dan reaksi kimia sendiri - sendiri.

* Bentuk Senyawa Biomolekul

senyawa - senyawa biomolekul biasanya di kenal dalam empat bentuk : protein, asam nukleat, karbohidrat dan lpid. keempat golongan biomolekul tersebut mempunyai sifat umum yang relatif besar ( berat molekul besar ) , dan karenanya disebut makromolekul.

berat molekul protein berkisar antara 5.000 sampai lebih dari 1 juta berat molekul berbagai jenis asam nukleat berkisar sampai beberapa miliar, karbohdrat ( polisakarida ) dapat memiliki berat molekul sampai jutaan. molekul lipid jauh lebih kecil dari 750 sampai 1.500. tetapi karena lipid umumnya terbentuk dari ribuan molekul sehingga membentuk struktur berukuran besar yang berfungsi seperti sistem makromolekuler, struktur lpid juga dapat dianggap sebagai makromolekul.

protein merupakan polimer asam - asam amino, karbohidrat merupakan polimer monosakarida, asam nukleat merupakan polimer mononoukleatiida. monomer lipid ada bermacam - macam, bergantung pada jenis lipidnya, diantaranya asam lemak, kolin, etanolamin, serin dan lain-lain.

* Fungsi Biomolekul
  • protein sebagai enzim, alat transpor, antibodi, hormon dan pembentukan membran
  • karbohidrat sebagai sumber energi, komponen pembentuk membran dan dinding sel
  • lipid sebagai sumber energi, hormon dan pembentukan sel
  • asam nukleat sebagai faktor genetika, koenzim, pembawa energi dan pengatur biosintesis protein.

* Jenis Biomolekul
KARBOHIDAT

Karbohidrat adalah sumber energi utama dalam sebagian besar makanan manusia. monosakarida, misalnya gulukosa, fruktosa & galaktosa biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar walaupun ketiganya terdapat dibuah-buahan. sumber utama karbohidrat dalam makanan adalah zat pati dari sumbeer tumbuhan, di tambah glikogen dari hat & otot hewan.
karbohidrat hanya mengandung karbon, hidrogen & oksigen. dinamakan karbohidrat karena rasio hidrogen terhadap oksigen adalah 2:1, yang sama dengan rasio pada air. semua karbohidrat mengandung gugus fumgsional hidroksil -OH yang termasuk kelompok alkohol. senyawa karbohidrat adalah polihidroksi aldehida atau polihidroksi keton yang mengandung unsur2 karbon ( C ), hidrogen ( H ), & oksigen ( O ) dengan rumus empiris total ( CH2O)n.
KARBOHIDRAT dalam tubuh manusia & dan hewan di bentuk dari beberapa asam amino, gliserol lemak & sebagian besar diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh - tumbuhan.

LEMAK

lemak dan minyak adalah salah satu kelompok yang termasuk apada golongan lipid, yaitu senyawa organik yang terdapat dialam serta tidak larut dalam air. tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar.

lemak dan minyak merupakan senyawa organik yang penting bagi kehidupan mahluk hidup, adapun kegunaannya :
  • memberikan rasa gurih dan aroma yang sedap
  • sebagai salah satu penyusun dinding sel dan penyusun bahan-bahan biomolekul
  • sumber energi yang efektif dibantingkan protein dan karbohidrat, karena lemak dan minyak jika dioksidasi secara sempurna akan menghasilkan 9 kalori/liter.

PROTEIN 

protein disentesis oleh asam amino yang disatukan oleh ikatan peptida untuk membentuk rantai lurus. rantai ini kemudian akan melipat-lipat sehingga membentuk struktur 3 dimensi protein. ada 20 jenis asam amino yang diguunakan untuk mensintesis protein dalam ribosom.





ASAM NUKLEAT

asam nukleat adalah makromolekul terbesar dalam sel, berupa polimer linier atau sering disebut juga polinukletida yang terdiri dari 106 atau lebih nukleotida yang terdiri dari molekul gula dengan 5 atom C satu atau lebih gugus fosfat dan basa nitrogen.
Asam deoksiribonukleat ( DNA ) merupakan asam nukleat yang mengandung informasi genetic dan biasanya dalam bentuk kompleks nucleoprotein ( Dna pROTEIN ) YANG DISEBUT KROMOSOM.

DNA merupakan molekul yang sangat besar dengan struktur sedehana berupa 4 sub unit nukleotida dalam suatu rantai dengan urutan tertentu.
Bagikan:

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)