Mindset tentang Cinta

Bundelan-kertas.blogspot.com - Dalam urusan cinta, mindset kita tentang cinta, ada beberapa rumus yg musti kita tanamkan: (1) Cinta itu fitrah dan manusiawi, nggak ada orang yg bisa menolak untuk jatuh cinta (QS.Ali Imron 14); (2) Yang bisa dilakukan oleh manusia, terhadap cinta adalah menahannya atau mengaturnya sesuai dengan aturan Allah (QS. At Taubah 24); (3) Sehingga cinta nggak selalu identik dgn pacaran, cinta bisa berupa yg lain atau kepada yang lain; (4) Dan pacaran itu illegal love alias melanggar aturan Allah (QS. Al Isra 32).
.

Rasulullah bersabda: “Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, janganlah sekali-kali ia berkhalwat dengan seorang wanita yang tidak disertai mahramnya karena yg ketiga diantara keduanya adalah setan” (HR. Abu Dawud, Ahmad)

Berikut tipsnya agar cinta kita tetap sehat:
- Ikut ngaji, sehingga memahami cinta sehat yang dibalut syariat. “Kawan pendamping yang sholeh ibarat penjual minyak wangi. Bila dia tidak memberimu minyak wangi kamu akan mencium keharumannya. Sedangkan kawan pendamping yang buruk ibarat tukang pandai besi. Bila kamu tidak terjilat apinya, kamu akan terkena asapnya” (HR. Bukhari).
.

So, berhati-hatilah dengan siapa kita berteman. Kalo kamu berniat meninggalkan maksiat, maka berteman dengan teman yang hobi ngaji adalah pilihan terbaik. - Berdoa agar hati tak tergoda budaya baku syahwat. “Nafsu itu seperti keledai yang binal. Apabila diberi beban yang berat niscaya jinak juga" (Imam Al Ghazali). Jadi jinakkan nafsu dengan banyak berdoa dan membebani dengan aktivitas yang bermanfaat “BUNGA DAKWAH alias Buku, Ngaji dan Dakwah”. Itu. - Jaga pergaulan untuk meminimalisir benih-benih asmara.
.
Berusaha untuk terus meningkatkan ketaqwaan dan keimana kita, sehingga nggak terasa berat terikat dgn aturan-aturan pergaulan Islam demi kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
.

Jauhkan dari rangsangan-rangsangan yg bias bikin gejolak seksual terangsang, seperti mendengarkan lagu-lagu 'porno', membaca buku-buku/novel bernada cinta dan pergaulan bebas, menonton film 'hot', berkhayal yg bukan-bukan, dsb. Bagi yang belum mampu menikah, perbanyaklah puasa. .


Bagikan:

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)