10 Cara Cepat Belajar Gitar

Mr. Miko - Belajar bermain gitar memang sebuah aktivitas yang menyenangkan, baik bagi anda yang masih di tingkat pemula ataupun bagi anda yang sudah ahli dan ingin mempelajari lagu-lagu yang lebih sulit.  Apalagi jika anda memiliki hobi dalam bermusik, belajar gitar seolah bukan merupakan suatu aktivitas "belajar", namun lebih menyerupai hiburan.
Dalam artikel kali ini,  akan membahas tentang cara-cara cepat belajar gitar.  Ada berbagai tips yang kami sediakan di sini, yang bisa membuat anda lebih mahir dalam memainkan gitar dalam waktu yang lebih singkat.  Langsung saja, berikut tips dari kami:
Image Credit: DeviantArt.com, Creative Commons
10.  Nikmati, dan Have Fun!



Ya, ini adalah aturan pertama apa bila anda ingin cepat bisa dalam belajar gitar.  Tak hanya dalam belajar gitar, dalam aktivitas apapun sangat penting untuk menjaga anda tetap menikmati dan merasa senang dalam bermain gitar.  Anggap aktivitas belajar gitar ini sebagai suatu relaksasi dan hiburan yang membuat anda senang dan bersemangat dalam menjalani aktivitas.
Jika anda merasa sedang having fun dalam belajar gitar, proses belajar pun akan jauh lebih cepat dan efektif.  Anda tidak akan merasa terbebani dengan berbagai pelajaran yang anda lakukan, namun justru menganggap semua pelajaran itu sebagai tantangan yang menarik untuk dituntaskan.
9.  Jaga kesehatan telinga anda
Bagi anda yang baru akan belajar gitar, anda juga patut mengetahui berbagai risiko yang akan mungkin terjadi dari aktivitas ini.  Salah satu yang paling sering adalah risiko telinga anda menjadi terasa berdengung akibat mendengarkan nada-nada gitar yang terlalu keras melalui gitar.  Anda juga harus lebih berhati-hati apabila berlatih menggunakan gitar listrik yang bervolume keras.
Indra pendengaran adalah salah satu senjata utama anda dalam bermusik.  Oleh karena itu, jangan sampai telinga anda justru bermasalah karena mempelajari alat musik baru.  Jangan  berlatih secara berlebihan dengan suara yang keras, dan ketahuilah kapan anda harus berhenti untuk beristirahat.
8.  Variasi


Dalam belajar gitar, usahakanlah untuk memvariasikan pelajaran anda sehingga anda tidak merasa bosan dan suntuk.  Cobalah untuk mempelajari lagu-lagu yang berbeda, baik secara aliran musik, tingkat kesulitan, maupun notasi nada begitu anda sudah menguasai satu lagu.  Jangan memaksakan diri untuk terus berlatih memainkan lagu yang sama jika anda benar-benar merasa frustrasi.  Beristirahatlah sejenak, dan cobalah untuk memainkan lagu lain yang lebih menarik, dengan tingkat kesulitan yang lebih mudah.  Ingat aturan pertama, pastikan proses belajar gitar menjadi suatu hal yang menyenangkan.  Dengan memberikan variasi pada pelajaran gitar, teknik anda pun nantinya akan lebih cepat berkembang.
7.  Memiliki Akses ke Gitar
Jika anda ingin cepat bisa belajar gitar, tentu saja anda harus mempunyai instrumen musik ini terlebih dahulu. Jangan hanya mengandalkan gitar yang ada di kelas musik atau tempat kursus anda.  Cobalah untuk membeli gitar dengan harga yang terjangkau sebagai bahan latihan anda di rumah.  Panduan utama dalam memilih gitar, pastikan gitar tersebut bersuara bagus jika anda bermain dengan bagus, dan bersuara buruk apabila anda memainkannya dengan buruk.  Jangan sampai gitar tersebut selalu bersuara buruk sebagus apapun anda memainkannya.  Pastikan juga untuk memastikan gitar anda selalu stem  dan berada pada kondisi terbaiknya.
6.  Belajar teori musik


Mungkin ada pertanyaan yang timbul di benak anda, buat apa saya belajar teori-teori dasar musik, padahal saya hanya ingin belajar gitar?  Percayalah, tidak ada ruginya mempelajari dasar, karena hal ini sangat berguna di masa depan dan bisa mempercepat proses belajar anda.  Layaknya seorang insinyur teknik mesin, ia harus belajar dasar-dasar matematika dulu sebelum bisa membangun sebuah mesin.  Begitu juga dengan seorang gitaris handal.
Setidaknya, pelajarilah dasar-dasar cara membaca chord gitar, terutama apabila anda ingin bermain riff dan gitar melodi.  Pengetahuan untuk membaca not balok juga akan sangat membantu anda jika ingin terjun ke dunia profesional maupun semi-profesional.
5.  Belajar mendengarkan

Terkadang dalam belajar gitar, kita terlalu terburu-buru untuk melakukan praktik, sehingga pada akhirnya kita sering mengabaikan tahap untuk mendengarkan sebuah lagu.  Padahal, jika anda mengembangkan proses mendengarkan, belajar gitar akan lebih mudah dan cepat.  Cobalah untuk mendengarkan suatu lagu berulang-ulang sebelum anda memainkannya.  Cobalah untuk menganalisa, apakah sang gitaris dalam lagu tersebut melakukan strumming, petikan, atau memainkan satu tangga nada tertentu.  Dengarkan juga kapan terjadi transisi dan perpindahan kunci gitar.  Kombinasi antara teknik mendengarkan yang baik dengan latihan yang rutin tentu akan membuat anda menjadi seorang gitaris handal.
4.  Mainkan dengan timing yang tepat
Jika anda sudah mempelajari teknik-teknik dasar kunci gitar, saatnya untuk mencoba memainkannya dengan timing yang tepat.  Di sini, anda tidak hanya harus memperhatikan kunci-kunci yang harus dimainkan, namun juga timing untuk mengeksekusinya.  Kapan harus melakukan perpindahan kunci dan seberapa halus perpindahan tersebut bisa dilakukan.
Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencoba memainkan gitar sambil menyetel lagu yang anda mainkan di MP3 player atau komputer.  Cobalah untuk bermain di saat yang sama dengan saat lagu itu berjalan, dan ikuti temponya dengan sempurna.  Anda juga bisa menggunakan sebuah program bernama metronome yang bisa ditemukan secara gratis, dan ini sangat membantu proses bermain gitar dengan cepat.
3.  Pelajari teknik-teknik dasar seawal mungkin

Ada cerita dari seorang guru musik, di mana ia mempunyai murid yang bisa memainkan gitar solo dengan baik.  Namun ketika sang guru memintanya untuk memainkan chord G, sang murid hanya bisa bengong.  Ini artinya, ia sudah mencoba melompat ke teknik gitar yang rumit tanpa mencoba mempelajari dan memahami kunci-kunci dasar gitar.
Bermain gitar pada dasarnya adalah mengombinasikan berbagai kunci dasar menjadi sebuah lagu.  Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk memahami dan melatih semua kunci dasar gitar terlebih dahulu sebelum mencoba bermain lagu yang rumit.  Walaupun progres anda mungkin akan terasa lambat, secara jangka panjang teknik ini akan membuat anda bisa memainkan gitar dalam sebuah lagu dengan lebih cepat.
2.  Jaga motivasi anda
Belajar gitar bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.  Di satu tahap, mungkin anda akan merasa benar-benar frustrasi dan muak melihat gitar.  Nah, untuk mencegah hal ini, anda perlu menemukan suatu motivasi yang bisa membuat anda terus dan terus belajar, sesulit apapun kondisi yang sedang anda hadapi.  Motivasi ini bisa menjadi sumber energi yang terus mendorong anda.
Motivasi tersebut bisa datang dari banyak hal.  Mungkin dari mimpi anda untuk menjadi seorang gitaris terkenal.  Mungkin juga dari keinginan anda untuk bisa memainkan sebuah lagu sebagai hadiah untuk orang yang anda sayangi.  Yang jelas, motivasi ini bisa membuat anda belajar lebih cepat dan efektif.
1.  Latihan, latihan dan latihan

Cara paling cepat untuk membuat anda menjadi seorang maestro gitar adalah dengan  memperbanyak porsi latihan.  Tidak ada hal lain yang bisa membuat anda menjadi makin jago, kecuali latihan.  Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu-waktu kosong anda untuk berlatih gitar.  Anda perlu membuat jadwal yang teratur, dan anda harus disiplin menepatinya.
Ingat, tujuan utama dalam belajar gitar adalah menanamkan suatu "ingatan di jari-jari anda".  Ingatan inilah yang nanti bisa membuat anda secara otomatis memainkan kunci-kunci dalam suatu lagu dengan cepat dan mudah.  Dan ingatan ini hanya bisa terbentuk melalui latihan rutin.  Semakin banyak anda berlatih, semakin cepat pula jari-jari anda mengingat tentang nada yang harus dimainkan, senar yang harus dipetik, dan kunci yang tepat dalam suatu bagian lagu.
Bagikan:

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)