10 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

Mr. Miko - Selain bahasa Mandarin dan Jepang, bahasa Korea adalah salah satu bahasa Asia yang paling digemari oleh masyarakat.  Hal ini tidak lepas dari popularitas K-Pop alias dunia entertainment Korea Selatan yang merambah dunia melalui drama televisi, boyband, dan juga girlband.  Tak heran jika kemudian banyak anak muda yang berusaha keras untuk mempelajari bahasa dari negeri ginseng ini.
Nah, kira-kira adakah cara mudah yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Korea?  Inilah tips yang akan dibahas secara mendalam di artikel Top10Indo kali ini.  Semoga saja tips-tips ini bisa mempermudah dan memperlancar progress anda dalam mempejari bahasa Korea.
Wikimedia Commons via CC
10.  Tonton drama Korea
Drama K-Pop adalah salah satu medium termudah yang bisa membuat anda tertarik untuk mempelajari berbagai budaya dari negara Korea Selatan, antara lain fashion, dance, lagu-lagu, dan juga bahasa.  Ada berbagai judul yang memiliki jalan cerita yang luar biasa bagus dan juga memiliki pesan yang bagus, di antaranya adalah Boys Before Flower, Full House, dan You're Beautiful. 

Menonton drama Korea adalah cara yang baik untuk mempelajari bahasa dan sambil mendengarkan mengamati situasi yang dimainkan secara visual. Anda dapat menonton beberapa adegan yang terjadi di dalamnya, yang sangat membantu proses listening dalam percakapan sehari-hari.
9.  Belajar dari lagu-lagu K-Pop
Tulis lirik lagu K-Pop favorit anda. Dengarkan lagu tersebut dan cobalah untuk menyanyikan liriknya. Setelah itu, cobalah untuk mencari terjemahan lirik tersebut ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.  Berdasarkan penelitian, musik dan lagu bisa membantu proses bahasa dengan cepat karena di dalamnya ada unsur listening, speaking, dan juga berbagai bahasa kiasan.
Sebagai permulaan, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan dalam tempo lambat sehingga anda akan mudah mempelajarinya.  Untuk informasi lebih lanjut mengenai lagu-lagu tersebut, anda bisa membaca artikel "10 Lagu Soundtrack Drama Korea"
8.  Dengarkan dan ulangi
Pertama, anda harus menemukan film Korea yang memiliki subtitle (teks) berbahasa Korea, baik yang ditulis dalam huruf latin maupun Hangul (alfabet Korea). Ketika anda menonton film tersebut, tontonlah tanpa subtitle, dan cari satu kalimat yang ingin anda pelajari. Dengarkan kalimat tersebut dan kemudian hentikan film, lalu putar ulang kalimat itu lagi. Dengarkan lagi kalimat yang sama dan cobalah untuk mengucapkannya. Lakukan hal ini sekitar 10 sampai 20 kali. Setelah itu, cobalah untuk menulis kata-kata yang kira-kira anda dengar. Kemudian dengarkan lagi kalimat tersebut, sambil mencoba mengoreksi tulisan yang anda buat, sekitar 4 sampai lima kali. Setelah proses ini dilalui, anda dapat mengaktifkan subtitle dan memeriksa kalimat apa yang sebenarnya mereka ucapkan. Lalu, dengarkan lagi dan ulangi kalimat yang seratus persen benar, setelah dicek ulang dengan subtitle. Hal ini akan melatih skill listening, writing, speaking, dan juga pemahaman anda terhadap bahasa Korea.
7.  Buku tata bahasa
Belilah buku tata bahasa Korea yang diterbitkan oleh penerbit terpercaya (atau dari kedutaan atau pusat kebudayaan Korea) dan mulai belajar beberapa tata bahasa dan berlatih dengan teman-teman Korea anda.  Jika anda sudah memiliki buku tata bahasa, teruslah untuk belajar tahap demi tahap. Tata bahasa adalah landasan dari kelancaran berbahasa, dan hal ini mutlak dipelajari.
Selain mempelajari teori, cobalah untuk mengerjakan pula berbagai latihan soal yang ada dalam buku tersebut.  Tak hanya memperlancar kemampuan membaca dan menulis, buku teks juga akan membantu anda memahami aturan tata bahasa dengan lebih detail dan akurat.
6.  Mengikuti kursus
Walaupun masih jarang, namun beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki tempat kursus bahasa Korea.  Biasanya, tempat kursus ini bisa ditemukan di Kedutaan Besar Korea Selatan, pusat budaya Korea, maupun universitas-universitas yang memiliki fakultas Sastra/ Bahasa Korea.  Dengan mengikuti kursus, kemampuan anda akan lebih terasah, teruji, dan termonitor.
Tak bisa menemukan tempat kursus di dekat tempat tinggal anda?  Jangan khawatir, cobalah untuk mengikuti kursus Bahasa Korea secara online, salah satunya dari situs LiveMocha.  Jika anda disiplin, kursus yang dilakukan secara online bahkan bisa sama efektifnya dengan kursus yang dilakukan dalam kelas yang real.
5.  Menerjemahkan buku berbahasa Korea
Tak perlu buku yang susah, cobalah cari buku cerita anak-anak yang sederhana, komik, ataupun cerita-cerita singkat.  Dengan menerjemahkan buku seperti ini, kemampuan menulis dan kemampuan memahami konteks kata dalam sebuah kalimat akan meningkat tajam.  Selain itu, siapa tahu hasil terjemahan anda nantinya bisa dipublikasikan ke berbagai media di Korea.
4.  Pelajari kata-kata baru
Ketika anda berada di luar rumah bersama dengan teman-teman atau hanya sendiri saja, bawalah buku catatan kecil dan sebuah kamus.  Saat melihat sesuatu yang menarik perhatian, tuliskanlah dalam buku tersebut, dan carilah terjemahannya ke dalam bahasa Korea.  Bawa terus buku catatan tersebut ke manapun anda pergi, dan berusahalah untuk menghafal kata-kata di dalamnya setiap kali ada waktu kosong.
Jika kemampuan berbahasa dan menulis anda sudah lebih maju, ubahlah aturan di mana anda tidak hanya sekedar menulis arti dari kata tersebut, namun juga deskripsinya dalam bahasa Korea.  Hal ini akan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis.
3.  Bercakap-cakap
Hal paling penting yang harus dilakukan saat belajar bahasa Korea (atau bahasa apapun) adalah dengan cara bercakap-cakap dalam bahasa tersebut. Jika anda tidak memiliki keberanian atau kesempatan untuk bercakap-cakap, seberapa bagus pemahaman teori anda, hal itu sama sekali tidak akan berarti. Ingat, jangan pernah malu atau takut untuk melakukan kesalahan. 
Cobalah untuk mencari native speaker (turis, pelajar, atau pekerja) asal Korea.  Jika tidak ada, manfaatkanlah teknologi internet untuk bisa melakukan video call dan berbincang-bincang dengan mereka melalui Skype atau Messenger.
2.  Hadiri acara-acara berbau Korea
Beruntunglah bagi anda yang tinggal di kota besar, karena sudah ada berbagai klub pecinta budaya Korea, atau setidaknya universitas yang mendalami bahasa maupun sastra Korea.  Lebih beruntung lagi bagi anda yang tinggal di dekat kedutaan negara tersebut, karena pasti bisa dipastikan setiap bulannya akan selalu ada acara yang terbuka untuk publik.
Dengan menghadiri acara tersebut, anda tidak hanya mempelajari bahasa, namun juga budaya Korea Selatan secara keseluruhan, termasuk tata krama, cara berdialog dengan orang lain, makanan, lagu-lagu, serta lebih banyak hal menarik lainnya.
1.  Berkunjung ke Korea Selatan
Cara ini tentu adalah metode yang paling efektif untuk memperlancar kemampuan berbahasa anda.  Jika anda benar-benar serius mendalami bahasa Korea, jangan ragu untuk menyisihkan sebagian uang dan menabung untuk mengunjungi negara ini.  Sekarang, sudah sangat banyak maskapai kelas ekonomi seperti Air Asia dan Tiger Airways yang membuka penerbangan Seoul dengan ongkos yang lebih murah.
Anda bisa juga mengunjungi program tersebut melalui program beasiswa, kursus jangka pendek, ataupun pertukaran pelajar.  Jika anda yakin dan berusaha, tidak ada hal yang tidak mungkin, termasuk mengunjungi Korea Selatan dan menguasai bahasa di negara tersebut dengan lancar.
Bagikan:

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)