10 Cara Cepat Berhenti Merokok

Mr. Miko - Berhenti merokok adalah suatu tindakan yang sangat positif untuk kesehatan.  Banyak orang yang sudah sangat ingin mencoba menghilangkan kecanduan rokok, namun banyak juga yang mengalami kegagalan dalam melakukan hal ini.  Tentu saja, berhenti, atau bahkan sekedar mengurangi aktivitas merokok bukanlah sebuah hal yang mudah.
Kali ini saya akan membagikan berbagai cara ampuh dan cepat untuk berhenti merokok.  Yang harus anda tanamkan dalam pikiran anda, agar cara-cara ini berhasil anda perlu disiplin, komitmen, dan niat dari dalam diri sendiri, bukan dari paksaan orang lain.  Berikut tips-tipsnya:
by Qfamily on Flickr.com via Creative Commons
10.  Tulis daftar efek positif dan negatif dari merokok
Bisa dibilang, efek positif dari merokok sangat sedikit.  Namun, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang membuat anda sangat suka menghisap rokok secara jujur, di atas selembar kertas.  Di bagian lain kertas tersebut, tulis juga dampak-dampak negatif dari merokok yang membuat anda ingin berhenti dari kebiasaan ini.
Akan lebih baik lagi jika anda meminta orang-orang di sekitar anda untuk menuliskan beberapa hal yang membuat mereka terganggu ketika anda sedang merokok.  Hal ini akan membuat anda sadar dan memiliki alasan yang lebih kuat untuk meninggalkan aktivitas yang membahayakan kesehatan ini.
9.  Tentukan tanggal anda akan mulai berhenti merokok
Menentukan tanggal yang pasti di mana anda akan mulai menghentikan aktivitas merokok sangat penting, karena seperti yang sudah dibahas di atas, hal ini memerlukan kesadaran dari diri anda sendiri.  Jika diperlukan, buat semacam kontrak perjanjian untuk diri anda, yang ditandatangani oleh beberapa saksi.  Tulis juga semacam deklarasi yang menyebutkan "Mulai tanggal ini, saya menyatakan berhenti merokok".
Tempelkan deklarasi ini di tempat anda banyak beraktivitas, seperti di kamar, ruang kerja, ataupun kamar mandi, bersama dengan daftar positif-negatif aktivitas merokok yang sudah anda tulis di poin sebelumnya.  Setiap anda ingin menghisap rokok, tataplah deklarasi yang sudah anda buat, dan ingatlah akan komitmen yang sudah anda niatkan.
8.  Beritahu keluarga dan teman-teman terdekat
Hal ini berguna agar mereka setidaknya bisa membantu anda untuk mengontrol hal ini.  Beritahu mereka bahwa anda berniat untuk berhenti membeli dan menghisap rokok di depan mereka.  Katakan juga pada mereka untuk tidak segan-segan melarang dan menegur anda jika sudah mulai melenceng dari komitmen untuk berhenti merokok.
Dengan memberitahu teman dan keluarga, anda juga bisa mendapatkan dukungan moral yang anda perlukan pada tahap-tahap awal berhenti merokok.  Bagi yang sudah menjadi perokok berat, hal ini bukanlah hal yang mudah dilakukan, dan terkadang bisa membuat emosi tidak stabil.  Oleh karena itu, dukungan dari orang lain sangatlah diperlukan.
7.  Tulis alasan utama anda menjauhi rokok di kertas yang mudah dibawa-bawa
Akan lebih efektif lagi jika anda memasukkan secarik kertas tersebut ke dalam dompet, di bagian yang mudah terlihat.  Setiap kali anda tergoda untuk membeli rokok, lalu mengeluarkan dompet dan mengambil uang, kertas tersebut setidaknya bisa menjadi pengingat.  Anda akan merasa lebih berat untuk melanggar komitmen anda, dan tentu saja akan ada sedikit perasaan bersalah.
Tulis dengan singkat dan jelas alasan anda berhenti merokok, misal: "Istri yang sedang hamil", "Tidak ingin anak menjadi perokok pasif", "Mencegah kanker", atau "Hidup yang lebih sehat".  Alasan ini akan senantiasa menjadi sumber semangat anda.
6.  Cari aktivitas yang bisa menggantikan saat anda merokok
Amatilah aktivitas harian anda, terutama di saat-saat anda sangat membutuhkan rokok.  Mungkin ketika baru bangun pagi, sebelum sarapan, saat sedang stress, atau sesudah makan malam.  Cobalah untuk mencari pengganti aktivitas merokok dengan hal lain yang anda sukai, misalkan bermain game, membaca koran, atau menonton film.
Anda bisa coba melakukan teknik meditasi dengan cara mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan, tiap kali anda merasa ingin merokok.  Baca juga artikel dari kami yang berjudul "10 Cara Meditasi Yang Benar", yang mungkin berguna untuk anda.
5.  Mulai pola hidup yang baru
Katakanlah pada diri anda sendiri, dengan berhenti merokok anda akan menciptakan sosok baru dari diri anda, yang lebih sehat, lebih bersemangat, lebih sukses, dan lebih bahagia.  Untuk membantu mendapatkan mood ini, cobalah untuk menciptakan suasana dan pola hidup anda baik di lingkungan rumah, lingkungan kerja, atau lingkungan sekolah.
Tata ulang kamar tidur anda, lakukan aktivitas-aktivitas baru seperti mengikuti kursus, jogging setiap pagi, atau memasak sendiri sarapan anda.  Pola hidup yang baru akan membuat anda lebih mudah melupakan masa lalu anda yang tak bisa lepas dari rokok.
4.  Cari benda yang bisa menggantikan rokok
Jika pada poin sebelumnya anda sudah mencari berbagai aktivitas untuk mengganti rokok, maka sekarang carilah benda-benda lain yang bisa menggantikan ketergantungan anda terhadap nikotin.  Permen karet adalah hal yang paling disarankan, di mana mulut anda tetap bisa tetap sibuk tanpa harus menghisap rokok.  Di toko-toko kesehatan, bahkan ada permen karet khusus yang bisa membantu anda berhenti merokok.
Selain permen karet, banyak juga orang yang mengganti rokok dengan tusuk gigi (terutama yang beraroma kayu manis) ataupun teh herbal.  Temukanlah mana yang paling sesuai bagi anda, dan pastikan benda-benda tersebut selalu tersedia di dekat anda.
3.  Jika anda terpaksa melanggar komitmen, jangan lantas menyerah total
Apabila karena suatu sebab anda terpaksa merokok atau menghisap rokok lebih dari ketentuan yang anda buat, anggaplah hal itu sebagai sebuah "pengecualian".  Yang harus dihindari adalah langsung dengan drastis menghentikan usaha anda untuk berhenti merokok hanya karena satu atau dua kali anda melanggar komitmen anda sendiri.
Dalam ilmu Psikologi, istilah kembali melakukan kebiasaan buruk ini disebut lapse and relapse.  Tetap jaga komitmen anda walaupun anda melanggarnya, dan mulailah untuk kembali ke "jalan yang benar" yang sudah anda tentukan pada keesokan harinya, ataupun beberapa saat setelah anda menghabiskan rokok tersebut.
2.  Minta bantuan profesional
Jika anda benar-benar ingin berhenti merokok dan kesulitan untuk melakukannya sendirian, cobalah untuk meminta bantuan profesional, seperti dokter, terapis, ataupun psikolog.  Mereka bisa memberikan diagnosa secara medis, dan memberi anda berbagai medikasi yang bisa mengurangi ketergantungan anda terhadap nikotin.
Mungkin anda juga bisa mempertimbangkan berbagai metode alternatif untuk membantu anda berhenti merokok, seperti hipnoterapi, akupunktur, atau penggunaan berbagai obat tradisional.  Carilah metode yang paling sesuai dengan kondisi diri anda.
1.  Simpan uang yang berhasil anda tabung di sebuah toples kaca
Tak bisa dibantah lagi, merokok adalah sebuah aktivitas yang cukup menguras uang.  Untuk lebih memotivasi anda berhenti dari aktivitas ini, cobalah untuk merata-rata berapa bungkus atau batang rokok yang biasa anda habiskan per hari, dan berapa jumlah tersebut dalam rupiah.  Setelah itu, catat setiap hari, apakah anda merokok lebih sedikit dari jumlah yang anda tentukan biasanya, atau bahkan tidak sama sekali.
Nah, nilai uang yang berhasil anda simpan karena "membeli rokok lebih sedikit dari biasanya (selisih dari jumlah yang sebelumnya anda tentukan)" atau "sama sekali tidak membeli rokok" inilah nantinya yang harus anda masukkan ke dalam toples kaca tersebut.  Setelah satu bulan saja anda berusaha berhenti atau mengurangi merokok, anda pasti akan terkejut melihat uang yang terkumpul di dalam toples kaca tersebut berjumlah lumayan banyak.  Hal ini bisa memotivasi anda untuk lebih cepat berhenti merokok.
Bagikan:

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)