CARA MEMBUAT TOMBOL DOWNLOAD





Loh kok pake bikin tombol download segala? memang sih anda bisa saja mencari tombol button khususnya tombol download di google, namun apa iya anda masih pengen pakai tombol download hasil karya orang lain? Enggak dong… nah oleh karena itu mari kita belajar cara membuat tombol download sederhana.
Software editing yang dibutuhkan untuk membuat tombol download cuma 2, yaitu Photoshop dan software animasi. Untuk photoshop anda bisa memakai seri berapapun, mau Photosop 7 atau seri CS diatasnya silahkan saja. Sementara untuk software animasinya saya menggunakan Ulead Gif Animator. Nah bila anda enggak punya Software Ulead Gif animator silahkan anda gunakan software Gif animasi lainnya yang anda punya.


Untuk Membuat Tombol Download  ayo kita langsung ke TKP, silahkan buka Photoshop anda dan buatlah image transparan berukuran 110×30 piksel, kemudian fill dengan warna hijau tua (Awal 1). Potong area menjadi dua, pada bagian atas potong dengan menggunakan tool Reqtangular marquee, dan fill area tersebut dengan warna hijau terang (Awal 2).
Sudah selesai? bila sudah, silahkan anda buat tulisan download dengan warna putih.
"Download Button"


Sementara simpan hasil kerja anda dengan nama Tes1.png, setelah itu kembali ke layer Photoshop. Kali ini kita gunakan layer style, klik tulisan fx di area pojok kanan bawah lalu klik menu outerglow dan atur glow sesuai selera anda. Setelah selesai klik ok dan simpan hasil kerja anda dengan nama Tes2.png.
Minimize sementara photosop anda, lalu buka Ulead gif animator buatlah image berukuran 110×30 piksel pakai latar transparan, dengan menggunakan menu file > new canvas. Setelah itu klik menu frame dan pilih add frame.
"bikin animasi Gif" 
Kita akan mendapati 2 buah frame dibagian bawah, klik frame pertama lalu tekan tombol insert pada keyboard anda, masukkan file tes1.png yang tadi anda simpan.
Kemudian klik frame kedua lalu tekan tombol insert pada keyboard anda dan masukkan file tes2.png yang juga sudah anda simpan.
Silahkan tekan preview pada layer anda, bila cocok save as dengan nama download.Gif.
Namun bila anda ingin mengatur delay atau jeda diantaranya, maka anda tinggal klik kanan pada frame1, lalu atur delay ke angka yang lebih besar lagi 70 misalnya.
Lakukan juga hal yang sama pada frame2 untuk mendapatkan hasil delay yang seimbang.

UPLOAD TOMBOL DOWNLOAD

Setelah selesai anda tinggal mengupload tombol download.gif anda ke host server. Daripada nyolong bandwith orang lain lebih baik anda belajar sendiri tips atau cara mengupload gambar di picassa web album untuk menghostkan tombol hasil karya anda sendiri.
Kemudian anda tinggal Pasang kode tombol download tersebut dibawah postingan atau di sidebar blog anda, Selesai..  sekarang anda sudah paham dan tahu cara membuat tombol download, selain tombol download anda juga dapat menggunakan teknik ini dengan cara membuat download link dan memasang banner ads ataupun banner untuk awards tanpa musti takut kehilangan bandwith.
Anda tinggal memanage saja agar tombol download tersebut dapat bekerja dengan baik dengan cara mengeceknya secara berkala apakah link di tombol download yang anda miliki masih valid atau sudah broken.
Dan, Inilah Hasilnya : Jreeng..  Jreeng… !!
tombol download
itulah cara membuat tombol download sederhana   selamat mencoba :D.
Bagikan:

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :)